Pengertian Magang Menurut Para Ahli

Pengertian Magang Menurut Para Ahli

Biasanya, magang terdiri dari pertukaran layanan untuk pengalaman antara magang dan organisasi. Magang digunakan untuk menentukan apakah magang masih memiliki minat di bidang itu setelah pengalaman kehidupan nyata. Selain itu, magang dapat digunakan untuk membuat jaringan profesional yang dapat membantu dengan surat rekomendasi atau mengarah pada peluang kerja di masa depan.

Magang

Magang menurut para ahli adalah sebuah serangkaian dari kegiatan pendidikan yang ada ditingkat SMK sederajat atau tingkat Perguruan Tinggi. Magang merupakan sebuah program belajar dengan siswa atau mahasiswa diterjunkan langsung kelapangan dalam jangka waktu tertentu. Nama lain dari kegiatan magang ini adalah PKL (praktik kerja lapangan).

Pengertian Magang

Magang merupakan kegiatan pelatihan atau praktek untuk menguasai keahlian tertentu dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur yang berpengalaman. Kegiatan magang ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan serta pemahaman siswa atau mahasiswa tentang ilmu yang telah didapatkan selama belajar di sekolah maupun di perguruan tinggi.

Pengertian Magang Menurut Para Ahli

Adapun definisi magang menurut para ahli, antara lain:

1. Sudjana
Magang adalah sebagai cara penyebaran informasi yang dilakukan secara terorganisasi. 

2. Rusidi (2006:3)
Definisi magang menurut Rusidi yaitu sebagai salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa sebagai cara untuk mempersiapkan diri untuk menjadi Sumber Daya Manusia yang propersional yang siap kerja.

3. Sumardiono (2014:116)
Magang merupakan sebagai proses belajar dari seorang ahli melalui kegiatan dunia nyata. Selain itu, magang adalah proses mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan untuk menyelesaikan problem nyata di sekitar.

4. John Dewey
Sebagai filosof dan pendidik, Dewey menekankan pentingnya pengalaman dalam belajar. Dia bisa dikatakan melihat magang sebagai kesempatan untuk menerapkan teori dalam praktik, di mana pelajar memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui kegiatan nyata.

5. David A. Kolb
Berdasarkan teori pembelajaran eksperimen Kolb, magang dapat dipandang sebagai proses di mana individu mengembangkan pengetahuan melalui pengalaman langsung, yang mencakup empat tahapan: pengalaman konkret, observasi reflektif, konseptualisasi abstrak, dan eksperimen aktif.

6. Donald Schön
Schön, yang dikenal dengan konsep "reflective practice", mungkin akan mendefinisikan magang sebagai proses di mana siswa mengembangkan keahlian profesional melalui refleksi dalam dan setelah aksi dalam situasi kerja nyata.

7. Lave dan Wenger
Dalam teori pembelajaran situasional mereka, magang bisa dilihat sebagai proses "legitimate peripheral participation", di mana pelajar secara bertahap bergerak dari aktivitas margin menuju partisipasi penuh dalam komunitas praktik.

8. Ahli Karir dan Pembangunan SDM
Dalam konteks profesional, arti magang sering didefinisikan sebagai periode pelatihan kerja sementara, biasanya untuk mahasiswa atau lulusan baru, yang memberikan pengalaman praktis di bidang tertentu.

9. Ahli Psikologi Pendidikan
Dari perspektif ini, magang dapat diartikan sebagai kesempatan untuk mengembangkan kompetensi, baik teknis maupun non-teknis (seperti kerja tim, komunikasi, dll.), dalam konteks kerja nyata.

Manfaat Magang

Kegiatan magang ini tentunya memiliki banyak manfaat bagi seorang siswa atau mahasiswa. Manfaat magang yaitu :
1. Mengaplikasikan ilmu yang telah dimiliki
2. Meningkatkan keterampilan kerja
3. Mempelajari lebih dalam tentang pekerjaan sesuai dengan bidang keilmuan yang dipilih.

Tujuan Magang

Secara khusus tujuan magang menurut para ahli diantaranya yaitu:
  1. Untuk meningkatkan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki.
  2. Untuk meningkatkan pengetahuan dalam kerja baik dalam hal keilmuan maupun pengalaman kerja.
  3. Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan kalangan masyarakat di perusahaan.
  4. Untuk memacu motivasi mahasiswa yang berminat menjadi calon tenaga kerja yang handal dan siap kerja.
  5. Untuk membuka peluang untuk memperoleh pengalaman praktis dalam kerja bagi mahasiswa.
  6. Untuk menciptakan keterkaitan dan kesepadanan antara perguruan tinggi dengan dunia kerja.
  7. Untuk menciptakan kerja sama antara perguruan tinggi dan dunia usaha dan industri.
Demikianlah artikel yang dapat dibagian kepada semuanya tentang pengertian magang menurut para ahli. Semoga saja dapat meningkatkan pemahaman seputar kegiatan magang sehingga dapat mempersiapakan segala kebutuhan ketika akan melakukan program magang ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Magang Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel