Pengertian Surat Lamaran Magang/Kerja Beserta Unsur-unsurnya

Surat Lamaran Magang

Melamar kegiatan untuk magang tentunya hampir sama seperti melamar sebuah pekerjaan. Kalian tentunya memerlukan sebuah surat yang menyatakan bahwa diri kalian ingin bergabung keperusahaan tersebut atau biasa dikenal dengan suarat lamaran.

Pada artikel ini akan dibahas tentang pengertian surat lamaran magang yang baik dan benar serta unsur-unsur apasaja yang harus ada dalam surat lamaran magang tersebut.

Pengertian Magang

Arti magang adalah kegaitan yang hampir mirip seperti dengan bekerja pada dunia yang sesungguhnya. Sehingga ketika akan mendaftar magang pada sebuah perusahaan harus menyertakan surat pernyataan diri untuk melakukan magang. Tujuan magang adalah untuk meningkatkan kuliah sumberdaya manusia yang berdaya saing.

Pengertian Surat Lamaran Magang

Apa itu surat lamaran magang? Yang dimaksud dengan surat lamaran magang adalah sebuah surat yang berisikan pernyataan atau permohonan diri yang dikirimkan kepada perusahaan atau instansi lainnya dengan maksut untuk melakukan kegiatan magang.

Surat lamaran magang hampir sama seperti surat lamaran PKL (Praktik kerja lapangan) ataupun surat lamaran kerja hanya saja maksut yang ditujukan adalah untuk melakukan magang. Surat lamaran ini bisa dikirimkan kepada perusahaan agar bisa mendapat pekerjaan atau magang sesuai dengan lowongan kerja yang ada.

Untuk mempelajari lebih dalam terkait ini, anda harus banyak membaca terkait dengan contoh surat lamaran magang mahasiswa. Disana akan dijelaskan secara detail dan resmi terkait dengan surat lamaran magang.

Unsur-unsur Surat Lamaran Magang

Untuk membuat sebuah lamaran magang yang baik dan benar tentunya harus memerhatikan unsur-unsur dari surat itu sendiri. Unsur-unsur yang perlu ada dalam membuat sebuah lamaran magang adalah sebagai berikut:

1. Kop Surat

Kop Surat

Unsur pertama yang harus ada adalah kop surat. Kop surat lamaran magang bisa sebagai identitas dari mana asal kalian, seperti nama universitas atau sekolah, alamat, nomor telpon, akun media sosial, dan logo universitas atau sekolah.

Namun jika kalian sedang tidak berada dalam lingkup instansi apapun, maka kop surat ini dapat kalian abaikan dengan kata lain surat lamaran magang kalian tidak perlu diberikan kop surat.

2. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Tempat dan tanggal penulisan surat merupakan hal yang harus diberikan ketika kalian membuat sebuah surat lamaran magang. Sebab hal ini diperlukan untuk melihat apakah surat lamaran ini yang terbaru dibuat atau yang sudah lama.

Selain untuk melihat keterbaruan surat. Tempat yang dituliskan juga dapat memperlihatkan alamat dari penulis ketika membuat surat lamaran magang tersebut.

3. Nama Instansi atau Perusahaan yang Dituju

Unsur yang ketiga yaitu nama intansi atau peruhaan yang kalian tuju. Nama ini sangat penting untuk kalian tulis. Sebab dengan hal ini perusahaan menjadi yakin bahwa kalian memang benar ingin melakukan magang ditempat ini.

Banyak kasus ditemui bahwa pembuat surat lamaran magang ini tidak menuliskan perusahaan yang ingin dituju dengan asumsi bahwa ketika mengirimkan surat lamaran ke perusahaan tersebut mereka sudah mengerti bahwa ini tertuju keperushaan tersebut.

4. Identitas Diri

Unsur yang keempat yaitu identitas diri. Hal ini secara tidak langsung berguna untuk memperkenalkan diri kalian kepada perusahaan. Untuk identitas diri sendiri bisa berisikan nama lengkap, NPM/NIM, nomor telp/wa, alamat, asal univversitas/perguruan tinggi, jurusan dan fakultas.

5. Pembuka dan Isi Surat

Unsur kelima ini adalh inti dari isi surat lamaran magang kalian. Pada bagian ini kalian tuliskan maksut serta tujuan kalian membuat surat lamaran magang ini, posisi yang di tuju, keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi kerja yang kamu inginkan.

6. Penutup Surat

Pada bagian penutup ini, berilah ucapan terimakasih atas perhatian dari pihak yang dituju. Hal ini memberikan kesan sopan dan menghargai atas waktu yang telah diberikan.

Selain itu kamu juga dapat menambahkan tulisan tentang keinginan serta komitmen kamu untuk bergabung keperusahaan tersebut.

7. Nama dan Tanda Tangan

Sebagai bukti bahwa kalian benar-benar membuat surat lamaran tersebut anda harus memberikan nama beserta tanda tangan sebagai bukti bahwa kalian menyetujui dan bertanggungjawab atas apa yang telah dituliskan.

8. Lampiran Dokumen Pendukung

Unsur yang terkhir yaitu dokumen pendukung. Kalian dapat melampirkan dokumen-dokumen yang berguna untuk memperkuat kalian untuk dapat diterima oleh pihak perusahaan.

Adapun dokumen-dokumen tersebut antara lain seperti Curriculum Vitae (CV), Kartu Tanda Mahasiswa, KTP, Kartu Hasil Studi (KHS), portofolio, dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada kalian semua tentang pengertian surat lamaran magang beserta dengan unsur-unsurnya. Semoga saja dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang membuat surat lamaran magang.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Surat Lamaran Magang/Kerja Beserta Unsur-unsurnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel