Contoh Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Yang Baik

Contoh Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Yang Baik

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sebuah kegiatan dalam hal pendidikan yang dilakukan secara sistematis dan terarah dengan terjun langsung di lapangan. PKL bertujuan untuk memberikan pengamalan terhadap siswa tentang dunia kerja sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan)

Laporan PKL adalah salah satu bentuk hasil dari adanya kegiatan PKL. Laporan ini dibuat dengan tujuan memberitahu dan melaporkan tentang apasaja yang sudah dilakukan selama mengikuti kegiatan PKL dari awal hingga akhir.

Dengan demikian laporan ini dapat dikatakan suatu kewajiban yang harus dibuat oleh para siswa setelah berkahirnya kegiatan PKL. Untuk itu haruslah diketahui tentang apasaja yang harus masuk dan bagaimana sistematika penulisan dalam sebuah laporan.

Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Laporan PKL haruslah disusun secara baik dan benar agar memudahkan pembaca untuk memahami format laporan PKL terlebih dahulu. Bagi kalian yang magang di jurusan akuntansi, bank, teknik komputer, ilmu komunikasi, hukum, teknik industri, DKV dan lainnya, laporan ini dapat digunakan bagi semua jurusan, format ini juga dapat digunakan sebagai format laporan magang bagi mahasiswa.

Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang baik harus mencakup beberapa komponen utama seperti pendahuluan, deskripsi tempat PKL, kegiatan yang dilakukan, pembelajaran yang diperoleh, serta kesimpulan dan saran. Berikut adalah contoh struktur dan isi laporan PKL:

1. Cover

Setiap laporan tentunya harus memiliki cover sebagai pembeda antara laporan satu dengan laporan yang lainnya. Cover merupakan halaman depan dari laporan PKL. Pada bagian cover (sampul) tersebut berisi judul laporan, logo sekolah, biodata penulis, intansi dan lokasi penulisan, dan tahun penulisan laporan tersebut dibuat.

2. Lembar Pengesahan

Laporan dikatakan diterima apabila sudah dilakukan pengesahan baik dari guru pembimbing dan dari pihak tempat pkl tersebut berlangsung. Lembar pengesahan berisi Judul sebuah laporan pkl, identitas penulis, serta tanggal pembuatan laporan yang ditanda tangani oleh pihak tertentu, seperti pengajar/pembimbing.

3. Kata Pengantar

Sebagai ucapan untuk membawa pembaca mengetahui maksut dari adanya laporan ini maka diperlukannya sebuah kata pengantar. Kata pengantar adalah sebuah prakata yang berisi tentang ungkapan dari penulis mengenai karya atau laporan yang ditulisnya.

4. Daftar Isi

Laporan tentunya tidak disusun dengan satu atau dua halaman saja. Namun, laporan ada yang dibuat sampai beratus-ratus halaman. Untuk memudahkan pembaca dalam mengetahui apasaja isi dari laporan tersebut maka dibuatlah sebuah daftar isi.

Daftar isi merupakan sebuah gambaran menyeluruh tentang isi sebuah laporan yang disertai dengan halaman dari setiap bab maupun subab yang ada dilaporan, dengan tujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami serta mencari isi laporan tersebut.

5. Isi

Dari setiap laporan yang paling penting dari sebuah laporan adalah bagian isi. Bagian isi terdiri atas beberapa bab yang kemudian setiap bab tersebut juga terdapat sub bab-sub bab kecil sesuai dengan kebutuhan dari penulis, Adapun bagian dari isi yaitu:

BAB I (Pendahuluan)
Bab I pada laporan PKL merupakan bab pembuka dari sebuah laporan. Secara sistematika bab ini menjadi pondasi untuk bagaimana kita menerangkan isi dari laporan ini. Pada bagian bab ini berisi latar belakang, dasar hukum, maksud dan tujuan diadakannya penelitian, dan metode pengumpulan data. Berikut penjelasannya:
  1. Latar Belakang, yaitu berisi penjelasan terkait latar belakang perusahaan yaitu tempat dimana kamu PKL (Praktek Kerja Lapangan).
  2. Dasar Hukum, yaitu berisi tentang Undang-Undang yang digunakan sebagai landasan hukum dalam kegiatan operasional perusahaan.
  3. Maksud dan Tujuan dalam laporan magang, yaitu berisi tentang maksud dan tujuan kenapa kamu melaksanakan kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan).
  4. Metode Pengumpulan Data, yaitu berisi dari mana data Pkl (praktek kerja lapangan) itu kamu kumpulkan.
  5. Manfaat Penulisan Laporan, yaitu berisi tentang manfaat apa yang didapat dari penyusunan laporan ini. Manfaat disini dilihat dari apa yang didapat oleh penulis maupun pembaca dari adanya laporan ini.

BAB II (Gambaran Umum dari Perusahaan /Instansi Tempat Pelaksanaan PKL)
Bagian ini berisi tentang sejarah berdirinya Perusahaan (secara umum), dan struktur organisasi dalam perusahaan tersebut. Berikut penjelasannya:
  1. Sejarah Prusahaan, yaitu berisi tentang sejarah perusahan mulai dari lahirnya perusahan (detail), visi dan misi perusahaan.
  2. Struktur Organisasi, yaitu berisi tentang struktur organisasi dalam perusahaan tersebut mulai dari direktur utama, kepala divisi, hingga sub bagian yang paling bawah.

c. BAB III (Laporan Kegiatan)
Bagian ini berisi pelaksana kegiatan dan hasil kegiatan. Berikut penjelasannya:

  1. Pelaksana Kegiatan, yaitu berisi tentang kegiatan atau tugas PKL (Praktek Kerja Lapangan) kamu mulai dari awal kamu mulai sampai selesai.
  2. Hasil Kegiatan, yaitu berisi tentang rincian hasil kegiatan yang kamu dapat selama melakukan/menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan).

BAB IV (Penutup)
Bagian ini berisi kesimpulan dan saran. Berikut penjelasannya:

  1. Kesimpulan, yaitu berisi kesimpulan tentang perusahaan tempat kalian menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan). (kesimpulan dari BAB 1, BAB 2,dan BAB 3).
  2. Saran, yaitu berisi saran dari penulis untuk sekolah tempat kamu belajar dan perusahaan tempat kamu menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan).

6. Daftar Pustaka
Daftar pustaka merupakan bagian yang berisi tentang sumber referensi yang digunakan penulis dalam menyusun laporan yang harus dicantumkan. Pada bagian ini juga dapat dilihat kesungguhan seorang penulis dalam membuat sebuah laporan agar sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah.

7. Lampiran
Bagian ini berisi data-data yang mungkin terlalu banyak apabila dimasukkan dalam halaman utama/dokumen, dalama bagian lampiran ini dapat berisi tulisan, gambar, atau penjelsan lebih lanjut mengenai suatu topik tertentu dalam sebuah laporan.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada semuanya tentang contoh laporan praktik kerja lapangan (PKL) yang baik. Semoga dapat menambah informasi dan wawasan bagi yang telah membaca artikel ini.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel