17+ Manfaat Magang Bagi Pelajar dan Mahasiswa beserta Penjelasannya

Manfaat Magang


Pengertian magang menurut para ahli adalah salah satu agenda nasional yang akan mendaatkan pengalaman belajar profesional dengan menawarkan pekerjaan praktis yang bermakna terkait dengan bidang studi pelajar dan mahasiswa atau minat karier.

Program ini menawarkan kesempatan kepada perusahaan/organisasi/lembaga yang menerima pemagang untuk membawa gagasan dan energi baru ke tempat kerja, mengembangkan bakat, dan potensi karyawan fill time di masa depan.

Magang yang berkualitas mecakup beberapa hal, diantaranya yaitu yerdiri dari jadwal kerja paruh waktu atau penuh waktu yang mencakup tidak lebih dari 25% tugas administrasi atau klerikal. Magang memberikan manfaat yang beragam bagi pelajar dan mahasiswa salah satunya yaitu memberikan pengalaman kerja secara langsung kepada mereka, sehingga bukan hanya teori yang mereka pelajari di sekolah, tapi aplikasi dari teori di tempat kerja.

Magang

Magang adalah periode pengalaman kerja yang ditawarkan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk jangka waktu terbatas. Setelah terbatas pada lulusan kedokteran, istilah ini sekarang digunakan untuk berbagai penempatan dalam bisnis, organisasi nirlaba dan lembaga pemerintah.

Pengusaha mendapat manfaat dari penempatan ini karena mereka sering merekrut karyawan dari pekerja magang terbaik mereka, yang memiliki kemampuan yang diketahui, sehingga menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang.

Magang biasanya diatur oleh organisasi pihak ketiga yang merekrut peserta magang atas nama kelompok industri. Peraturan bervariasi dari satu negara ke negara tentang kapan magang harus dianggap sebagai karyawan.

Magang untuk karir profesional serupa dalam beberapa hal, tetapi tidak seketat magang untuk profesi, perdagangan, dan pekerjaan kejuruan. Kurangnya standarisasi dan pengawasan membuat istilah "magang" terbuka untuk interpretasi luas. Magang mungkin pelajar atau siswa sekolah menengah, mahasiswa sarjana, atau mahasiswa pasca sarjana. Posisi ini dapat dibayar atau tidak dibayar dan bersifat sementara.

Manfaat Magang

Sesuai dengan tujuan magang yaitu memberikan pengetahuan dan pengalaman didunia kerja. Berikut ini adalah beberapa fungsi magang yang akan diperoleh bagi pelajar dan mahasiswa, antara lain:

1. Mendapatkan pengalaman dunia kerja

Melalui magang, pelajar atau mahasiswa dapat memperoleh pengalaman kerja, yang tentunya sangat bermanfaat ketika mereka telah memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, entah dengan bekerja di satu perusahaan atau membangun bisnis sendiri.

Ketika mengikuti magang, pelajar atau mahasiswa akan terjun langsung ke dunia kerja. Manfaat magang di perusahaan salah satunya mereka akan berinteraksi dengan para pelaku bisnis dan tenaga kerja yang mendukungnya sehingga mereka bisa merasakan dinamika profesional. Itu tentunya akan menjadi pengalaman berharga, karena sedikit banyak mereka akan tahu bagaimana rasanya bekerja nanti sehingga tidak akan gagap sama sekali.

Melalui magang, mereja juga bisa belajar banyak hal tentang dunia kerja. Bahkan, disarankan agar mereka tidak hanya sekali mencoba kesempatan ini. Mereka bisa meluangkan waktu untuk magang di berbagai industri atau bidang pekerjaan yang berbeda.

Dengan demikian, pengetahuan mereka akan semakin luas, yang nantinya dapat membantu dalam menentukan pilihan ke sektor mana yang bakal dituju seusai lulus sekolah atau kuliah nanti.

2. Membangun jejaring atau relasi

Manfaat magang mahasiswa dan siswa dapat membangun jejaring untuk masa depan melalui interaksi dengan para profesional. Relasi yang baik dengan para professional tersebut akan sangat bermanfaat ketika mereka lulus sekolah atau kuliah nanti.

Jejaring atau relasi tersebut juga berguna sebagai referensi. Apabila punya jejaring yang luas, maka akan mempermudah pelajar atau mahasiswa untuk mendapatkan rekomendasi yang mungkin diperlukan suatu saat nanti, misalnya untuk membantumu menyelesaikan tugas kampus dan skripsi, atau saat kamu lulus dan mencari pekerjaan.

3. Mengasah kemampuan

Manfaat magang bagi mahasiswa tingkat akhir adalah dapat memberikan kesempatan kepada pelajar atau mahasiswa untuk praktik bekerja secara nyata, yang pada akhirnya, akan menghadirkan manfaat magang yang lain, yakni mengasah kemampuan mereka sehingga lebih baik.

Bagi mahasiswa tingkat akhir tentunya meningkatkan kemampuan adalah sebuah keharusan karena akan memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Contoh sederhananya misal ketika mereka melakukan magang di perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce.

Mereka jadi tahu seluk-beluk bisnis perdagangan elektronik. Bisa jadi awalnya mereka tidak memiliki kemampuan apa pun di sektor tersebut. Tapi, setelah magang hal itu berubah. Mereka jadi memiliki skill dan kapabilitas yang dibutuhkan untuk bekerja di industri tersebut.

Akan tetapi, berbeda lagi ketika mereka sudah mempunyai minat di satu bidang, lalu memilih magang di perusahaan yang bergerak di sektor yang mereka sukai. Di sana mereka dapat mempraktikkan pekerjaan sesuai kemampuan yang dimiliki. Dengan begitu, mereka jadi tahu level kapabilitasmu.

Berkat magang, mereka dapat belajar untuk meningkatkan kemampua mereka. Pelajaran yang bakal mereka peroleh juga tidak akan membosankan karena dilakukan secara praktis di dunia kerja.

4. Punya nilai lebih

Setelah lulus kuliah, mahasiswa akan masuk ke dunia profesional. Persaingan menuju ke sana tentunya ketat. Mereka harus bisa bersaing dengan para lulusan perguruan tinggi lain untuk mendapatkan pekerjaan atau membangun bisnis sendiri. Akan tetapi, ketika mereka pernah mengikuti magang, mereka mempunyai nilai lebih dibanding yang lain.

Pengalaman magang memperlihatkan bahwa mereka pernah merasakan dunia kerja. Hal ini penting sebab profesional menginginkan semuanya sudah siap menjalankan pekerjaan. Dengan begitu, mereka akan dinilai lebih dibanding pesaing. Terlebih lagi apabila memperoleh rekomendasi positif selama menjalani magang.

Institusi tempat magang tidak akan ragu untuk merekrut mahasiswa tersebut atau mengajak mereja berbisnis. Karena, mereka dinilai bukan sekadar mahasiswa biasa yang benar-benar buta dunia profesional. Pasalnya, mereka sudah selangkah lebih maju setelah melakukan magang.

5. Berpeluang direkrut atau bekerja sama

Meskipun magang tidak memberikan keuntungan material yang signifikan bagi pelajar atau mahasiswa, tapi hal tersebut jangan sampai membuat bekerja asal-asalan. Sebaliknya, justru mereka harus tetap melakukan pekerjaan sebaik mungkin secara total dan serius.

Mereka harus memperlihatkan kedisiplinan yang tinggi, menajaga komitmen mulai dari datang tepat waktu hingga menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal yang ditentukan. Selain itu, perlu juga untuk menunjukkan antusiasme untuk mendapatkan ilmu baru maupun bekerja sama dengan berbagai pihak.

Institusi yang mempekerjakan mereka mungkin tertarik untuk merekrut atau mengajak mereka bekerja sesuai sekolah atau kuliah. Institusi tersebut berani melakukannya karena sudah tahu kemampuanmu saat menjalani magang.

6. Memaksimalkan potensi mahasiswa

Magang dapat membantu pelajar atau mahasiswa dalam memaksimalkan potensinya karena mereka tak hanya terbatas belajar di dalam kelas saja untuk mempelajari teori. Teori yang tak didukung dengan praktik yang memadahi tentu tak akan membuat mahasiswa siap ketika harus terjun di dunia kerja.

Oleh sebab itu, mereka bisa mengikuti berbagai macam kegiatan pengembangan di luar kelas agar bisa lebih berkembang.

Potensi pelajar atau mahasiswa bisa dimaksimalkan melalui program magang sebab secara tak langsung mereka telah dilatih untuk bekerja. Apabila mereka telah mempelajari berbagai teori ketika di bangku kuliah, maka ilmu itu dapat langsung diterapkan saat terjun di lapangan.

7. Membangun hubungan yang baik dengan instansi penyelenggara

Melalui program magang, pelajar atau mahasiswa bukan hanya dapat mengembangkan kemampuan mereka saja. Tapi, pihak instansi yang memberikan peluang magang juga akan mendapatkan keuntungan.

Keuntungan yang bisa diperoleh misalnya mereka mendapatkan pekerja yang kompeten. Selain itu, mereka tentunya terbantu dengan keberadaan pelajar atau mahasiswa magang. Sekolah atau pihak fakultas juga bisa mendapatkan manfaat berupa jalinan kerja sama dengan pihak terkait juga bisa dicapai.

8. Mahasiswa bisa langsung mendapatkan pekerjaan

Magang dapat menjadi salah satu batu loncatan bagi pelajara atau mahasiswa yang tertarik untuk menekuni sebuah pekerjaan, tapi masih bingung dengan mekanisme dan seluk beluknya. Melalui magang, sebenarnya mereka dapat melatih diri untuk bekerja maksimal, apalagi jika pekerjaan tersbeut sudah linier dengan jurusan yang diambil.

Bukan hal yang salah untuk memberikan totalitas dalam menjalani aktivitas selama berada di lokasi magang, karena umumnya, instansi yang memberikan peluang magang akan mempertimbangkan pelajar atau mahasiswa magang sebagai karyawan tetap.

Peluang perekrutan melalui kegiatan magang tak boleh kamu sia-siakan. Oleh sebab itu, sedapat mungkin perlu mencari tahu detail pekerjaan, masalah yang kerap dihadapi, serta cara mengatasinya.

9. Mahasiswa dapat memperoleh penghasilan tambahan

Salah satu hal yang menjadi daya tarik bagi pelajar atau mahasiswa dalam mengikuti magang adalah adanya uang jajan tambahan yang bisa mereka didapatkan. Meskipun tidak semua instansi memberikan upah atau gaji kepada mereka atau tergantung kesepakatan antara instansi dengan sekolah atau fakultas.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa penghasilan yang dapat diperoleh dari magang akan sama besarnya dengan penghasilan karyawan tetap disana. Mungkin mereka bisa saja memperoleh penghasilan seperempat atau bahkan setengah dari pendapatan para karyawan tetap.

Tapi hal itu jangan sampai membuat berkecil hati sebab ilmu yang diperoleh ketika berada di tempat magang akan sangat berkontribusi pada masa depan pemagang. Selain itu, mereka akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti adanya pengalaman kerja langsung di suatu lembaga atau instansi.

10. Aplikasi pendidikan dan eksplorasi karier

Magang merupakan cara yang bagus untuk menerapkan pengetahuan dari kelas ke pengalaman dunia nyata bagi pelajar atau mahasiswa.

Belajar adalah satu hal, tetapi membawa keterampilan itu ke dalam tenaga kerja dan menerapkannya adalah cara yang bagus untuk menjelajahi jalur karier dan spesialisasi yang berbeda yang sesuai dengan minat mereka.

11. Melatih soft skill

Magang bisa memberikan pelajar atau mahasiswa soft skill yang dibutuhkan di tempat kerja bahkan di posisi kepemimpinan. Dalam Laporan Keterampilan LinkedIn (2018), 57% orang menilai soft skill lebih penting daripada keterampilan teknis. Keterampilan, seperti komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan kerja tim semua bisa dipelajari melalui magang dan digunakan di luar pengalaman itu.

12. Mempelajarai bagaimana tempat kerja profesional beroperasi

Bergantung pada jurusan yang diambil oleh pelajar atau mahasiswa, mereka dapat membaca tentang bagaimana organisasi berkembang dan berfungsi dalam buku pelajaran, mendengar dari pembicara tamu yang berbicara tentang struktur organisasi, atau terjun ke dalam studi kasus tentang budaya tempat kerja, tetapi tidak ada yang sebanding dengan menjalani pengalaman yang sebenarnya.

Magang membantu pelajar atau mahasiswa mempelajari semua tentang budaya tempat kerja, hubungan karyawan, dan struktur kepemimpinan, yang seharusnya membantu mereka dalam pekerjaan profesional pertama mereka dengan lebih mudah daripada jika mereka belum memiliki pengalaman profesional.

13. Membangun resume bagi pelajar dan mahasiswa

Sebagian besar organisasi dan pekerjaan yang kita lamar menginginkan karyawan yang memiliki semacam pengalaman profesional, bahkan untuk pekerjaan tingkat pemula. Jika pelajar atau mahasiswa adalah seorang finalis untuk suatu posisi dan belum memiliki pengalaman magang dibandingkan finalis lainnya, mereka mungkin kehilangan peluang kerja,

Jadi perlu untuk setidaknya memiliki satu pengalaman magang di resume sebelum meninggalkan sekolah atau kampus.

14. Belajar dari orang lain

Tampaknya mungkin masuk akal bagi pelajar atau mahasiswa mengikuti magang untuk mempelajari keterampilan, tetapi yang tak boleh dilupakan adalah untuk secara sengaja mengamati orang lain dalam peran pekerjaan mereka untuk mempelajari seluk beluk berbagai posisi.

15. Cari tahu apa yang Anda suka dan tidak suka

Sementara semua orang mungkin ingin meninggalkan magang dengan perasaan bersemangat tentang pengalaman yang mereka dapatkan, ada beberapa hal yang dapat ditemukan jika pelajar atau mahasiswa ternyata tidak menikmati pekerjaan tersebut, yaitu mereka dapat mencari tahu apa yang tidak mereka sukai.

Mencari tahu jenis pekerjaan apa yang tidak mereka inginkan saat mereka magang dapat membantu mencegah mereka menerima pekerjaan yang tidak pas ketika mereka lulus.

16. Mengimplementasikan Ilmu Pengetahuan

Manfaat magang yang selanjutnya adalah para siswa maupun mahasiswa dapat dengan langsung mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama berada di dalam kelas. Ilmu tersebut tentunya akan berkembang karena diaplikasikan.

Jika melihat dari sebuah piramida pembelajaran, apabila kita melakukan pengaplikasian dan terlibat langsung didalamnya maka tidak hanya tingkat pemahamannya yang meningkat namun juga ilmu itu akan bertahan dalam ingat seseorang lebih lama.

17. Menguji Ilmu Pengetahuan

Manfaat magang dari melakukan magang adalah kita dapat menguji sebuah teori apakah masih relevan dengan dunia nyata. Sebab seiring dengan berkembangnya jaman tentu suatu teori terkadang sudah tidak dapat dipakai kembali dijaman sekarang.

Nah, itulah tadi penjelasan dan pengulasan yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan fungsi magang yang akan diperoleh bagi pelajar dan mahasiswa beserta penjelasan lengkapnya. Semoga memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Belum ada Komentar untuk "17+ Manfaat Magang Bagi Pelajar dan Mahasiswa beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel