6+ Tempat Magang Terbaik di Kabupaten Wonogiri

Tempat Magang Terbaik Di Wonogiri

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur yakni Ponorogo, Magetan serta Pacitan, Wonogiri mempunyai peradaban yang berkembang cukup pesat. Bahkan dalam daftar tempat magang di Kabupaten Wonogiri, ada cukup banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan oleh pelajar atau mahasiswa.

Magang di Wonogiri

Memiliki luas 1.822,37 kilometer persegi, Wonogiri tercatat dihuni 954.706 jiwa (data tahun 2017). Sebagian masyarakat Wonogiri memang bermata pencaharian di sektor pertanian dan perkebunan dengan hasil bumi padi Gogo Rancah yang ditanam di atas batuan kapur, singkong, coklat, kacang mede, emping melinjo, sayur-mayur. Namun bidang industri Wonogiri juga berkembang sangat pesat.

Ada beberapa perusahaan maju yang dibangun di Wonogiri hingga sentra-sentra industri kecil serta UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang membuat perekonomian Wonogiri terus berkembang. Bahkan obyek-obyek wisata populer seperti Waduk Gajah Mungkur dan pantai Nampu menjadikan banyak pelajar/mahasiswa melirik Wonogiri sebagai lokasi pilihan magang.

Tempat Magang di Kabupaten Wonogiri

Dari banyaknya daftar tempat magang di Kabupaten Wonogiri, kami memilihkan lima di antaranya yang paling banyak direkomendasikan.

Di tempat-tempat pilihan ini, Anda sebagai pelajar/mahasiswa yang hendak magang/praktik kerja lapangan (PKL)/Prakerin (Praktek Kerja Industri) akan belajar menempa diri sebelum masuk dunia kerja di wilayah yang terkenal dengan jamunya ini. Berikut pilihannya.

1. Deltomed Laboratories

Siapapun tentu mengenal Antangin JRG. Produk herbal yang selalu menjadi obat ampuh saat masuk angin ini sudah dikenal di seluruh pelosok Indonesia. Siapa produsennya? Deltomed Laboratories yang ada di Wonogiri. Berlokasi di Jl. Dusun Nangger RT05/RW05, Gadungan, Nambangan, Selogiri, Deltomed tentu jadi perusahaan favorit banyak anak magang/Prakerin.

Perusahaan yang perjalanannya dimulai di tahun 1976 sebagai home industry ini awalnya memproduksi Pil Ampuh dan Jamu Air Mancur.

Dengan semakin berkembang pesatnya Deltomed, peserta magang yang diterima pun bisa berasal dari berbagai latar belakang pendidikan. Mulai dari bisnis, pemasaran, perindustrian, pertanian, medis hingga kimia.

2. RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso

Sebagai rumah sakit umum milik pemerintah Wonogiri, RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso tentu melayani ratusan pasien tiap harinya. Tak heran kalau rumah sakit yang terletak di Jl. Jenderal Ahmad Yani no 40, Joho Lor, Giriwono ini sangat tepat jadi lokasi magang/Prakerin. Para pelajar sekolah keperawatan hingga mahasiswa medis bisa memilihnya sebagai tempat menimba ilmu di dunia kerja.

Sejak Maret 2019, RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso menyediakan pendaftaran online bagi pasien. Ini adalah bukti bahwa rumah sakit ini lokasi magang tepat bagi mereka yang ingin mempelajari bidang pelayanan publik.

Tentunya Anda para pelajar sekolah menengah/kejuruan dan mahasiswa harus menyertakan surat pengantar dulu sebelum meperoleh izin magang di rumah sakit ini. RSUD ini merupakan tempat magang jurusan kesehatan yang paling banyak diminati.

3. Bank Jateng Wonogiri

Berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman no 19 Gerdu, Giritirto, Bank Jateng Wonogiri juga masuk dalam pilihan lokasi magang. Merupakan bank daerah yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Tengah terutama di wilayah Wonogiri, mereka yang berlatar ilmu perbankan atau pelayanan publik bisa memilih Bank Jateng Wonogiri ini untuk mempelajari dunia kerja sektor bank. Magang di bank merupakan tempat magang jurusan akuntansi yang terbaik.

4. PT Tainesia Jaya

Pertanian merupakan salah satu sektor unggulan di Wonogiri. Dan untuk mempelajari produksi hasil pertanian, PT Tainesia Jaya adalah salah satu tempat magang/Prakerin terbaik. Berada di Desa Sonoharjo, perusahaan ini memang bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian yang memproduksi sirup maltosa dan fruktosa, dengan bahan baku tepung tapioka.

5. PLTA Gajah Mungkur

Selain sebagai obyek wisata, Waduk Gajah Mungkur (WGM) juga merupakan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) utama di Wonogiri.

Hal ini menjadikan WGM sebagai lokasi magang/Prakerin terbaik. Jika Anda pelajar/mahasiswa dengan jurusan teknik geologi, teknik kelistrikan, teknik sipil hingga teknik lingkungan tentu bisa mempertimbangkan PLTA Gajah Mungkur sebagai lokasi magang.

6. PT Pertamina Persero

PT Pertamina Persero merupakan tempat magang BUMN yang banyak diminati. Ruang lingkup kerjanya adalah melakukan pengelolaan tambang minyak dan gas. Pertamina adalah perusahaan bidang energi, petrokimia, dimulai dari bahan mentah hingga bahan yang siap dipakai oleh masyarakat.

PT Pertamina juga memiliki banyak anak-anak perushaaan serta perusahaan patungan. Saat ini pertamina juga sudah memiliki perguruan tinggi dengan nama Universitas Pertamina yang mana universitas tersebut menjadi salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Bagi kalian yang berasal dari jurusan ilmu pertambangan, kimia, teknik kimia dapat melakukan magang disini. Dikarenakan banyak sekali posisi yang sesuai dengan jurusan tersebut.

Tentunya dalam memilih salah satu obyek dalam daftar tempat magang di Kabupaten Wonogiri, Anda harus menyesuaikan betul dengan latar belakang pendidikan. Jangan sampai keliru memilih lokasi magang dan tidak bisa menerapkan ilmu yang selama ini dipelajari. Karena hakikatnya tujuan magang atau Prakerin adalah meningkatkan kompetensi supaya siap terjun di dunia kerja kelak.

Belum ada Komentar untuk "6+ Tempat Magang Terbaik di Kabupaten Wonogiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel