8+ Tempat Magang Terbaik di Kabupaten Blora

Tempat Magang di Blora

Kalau bicara soal Blora, tentu tak akan akan bisa terlepas dari yang namanya Blok Cepu. Penghasil minyak bumi paling utama di pulau Jawa itu memang terletak di sebelah timur Kabupaten Blora. Dengan lokasinya yang cukup strategis, Blora memang dianggap sebagai daerah favorit magang. Tak heran dalam daftar tempat magang di Kabupaten Blora, jumlahnya pun cukup banyak.

Magang di Blora

Cepu adalah salah satu kecamatan dari total 16 kecamatan di Blora. Lantaran potensi minyak bumi yang sangat besar, Cepu pun memiliki perguruan tinggi sendiri yakni Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) dan Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR).

Namun ada juga perguruan tinggi Islam lain di sekitar Blora yang menjadi bukti sektor pendidikan di Blora berkembang pesat. Hal inilah yang akhirnya membuat Blora menjadi lokasi banyak kegiatan magang atau Prakerin (Praktek Kerja Industri) para pelajar/mahasiswa. 

Manfaat magang bagi mahasiswa atau pelajar tentunya ada banyak sekali, salah satunya kalian dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh. Selain itu, manfaat magang bagi perusahaan juga ada. Yaitu dapat menjadi tenaga tambahan sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi.

Dalam daftar tempat magang atau praktik kerja lapangan (PKL) di Kabupaten Blora, pilihan yang tersedia pun cukup variatif. Tentunya sangat seru bukan bisa menjalankan kegiatan magang di daerah yang dikenal dengan kuliner mangut ikan panggang ini.

Lokasi-Lokasi Magang Pilihan di Kabupaten Blora

Selain minyak bumi, Blora juga memiliki potensi ekonomi lain seperti batik, gula merah, sentra kerajinan kayu jati, tanaman kelor hingga gas alam. Supaya bisa menentukan sesuai dengan kebutuhan pendidikan, berikut adalah beberapa lokasi magang di Blora yang bisa dipertimbangkan.

1. Dinkominfo Blora


Dari banyaknya institusi pemerintahan di Blora, Dinkominfo bisa menjadi salah satu pilihan lokasi magang terbaik. Berada di Jl. Gor no. 5 Ketanggar, Karangjati, Dinkominfo Blora memang kerap melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan milenial. Ini adalah tempat magang ilmu komunikasi, teknik komputer, IT, DKV, Multimedia, TKJ (Teknik Komputer Jaringan) atau RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang bagus.

Untuk mahasiswa, Dinkominfo Blora juga sering menerima peserta magang jurusan Teknik Informatika. Salah satu universitas yang mahasiswanya memilih Dinkominfo Blora sebagai lokasi magang ialah STTR Cepu.

2. Hotel Ammi Cepu

Bagi kalian yang ingin magang di industri perhotelan, Hotel Ammi Cepu dapat menjadi rekomendasi tempat yang dapat kalian tuju. Hotel Ammi yang berada di Cepu ini adalah salah satu hotel berbintang lima terbaik di Blora. Dengan pelayanan yang cukup mewah, hotel yang berlokasi di Jl. Giyanti no 14 Sambongan, Karangboyo ini selalu jadi pilihan wisatawan di Blora. Tak heran kalau para pelajar dan mahasiswa bidang perhotelan dan pariwisata kerap menjadikan Hotel Ammi Cepu sebagai lokasi magang idaman.

3. PPSDM Migas Cepu

Cepu memang jadi tujuan para mahasiswa yang hendak magang di sektor minyak bumi. Salah satu pilihan terbaik ialah PPSDM Migas Cepu di Kampungbaru, Karangboyo ini. Hanya saja mayoritas yang dibutuhkan adalah mahasiswa teknik dengan syarat mutlak minimal IPK 3.00 dan TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 6.0.

DI PPSDM Migas Cepu ini, peserta magang akan belajar pengolahan minyak hingga pengeboran. Tak hanya para pelajar atau mahasiswa, PPSDM Migas Cepu bahkan membuka pelatihan untuk perusahaan-perusahaan minyak raksasa di seluruh Indonesia seperti Pertamina, Badak NGL, Chevron hingga Petrochina. Tak heran kalau kesempatan magang di PPSDM Migas Cepu jelas sangat bergengsi.

4. Dinas Kesehatan Blora

Merupakan pelajar atau mahasiswa jurusan kesehatan dan farmasi? Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora bisa jadi pilihan magang jurusan kesehatan yang bagus. Berada di Jl. Dr. Sutomo no 40, Dinkes Blora memang bertanggung jawab atas urusan kesehatan masyarakat Blora. Anda pun bisa belajar mengenai pelayanan publik di bidang medis dan farmasi di Dinkes Blora ini.

5. PT Moringa Organik Indonesia

PT Moringa Organik Indonesia bisa jadi pilihan magang terbaik untuk mengetahui seluk-beluk kelor. Berlokasi di Puri Kelorina, Kunduran, perusahaan ini memang jadi pusat budidaya sekaligus sentra industri kelor yang digunakan dalam obat dan produk kecantikan.

Bagi anda yang mencari tempat magang di bidang agribisnis, kesehatan masyarakat hingga pertanian bisa mengajukan magang di perusahaan ini.

6. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah yang saat ini di kenal sebagai Bank Jateng merupakan satu-satunya bank yang dimiliki oleh pemerintah daerah Jawa Tengah. Bank Jateng tentunya turut andil dalam peningkatan ekonomi di daerah ini. 

Pusat dari bank jateng berada di daerah semarang. Selain dalam peningkatan dalam bidang ekonomi, bank jateng juga turut andil dalam peningkatan sumber daya manusia melalui program-program yang dikeluarkan salah satunya adalah magang. Magang di bank adalah tempat magang jurusan akuntansi, ilmu ekonomi, dan perbankan yang terbaik.

7. PT Pertamina Persero

Logo PT Pertamina Persero

Bagi kalian yang mencari tempat magang di BUMN, ini adalah salah satu perusahaan yang dapat dipilih. Pertamina adalah sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah melalui BUMN. Banyak sekali program yang dekeluarkan oleh PT Pertamina untuk membantu mengembangkan kualitas SDM generasi penerus Indonesia.

Bagi kalian yang berasal dari jurusan teknik kimia, kimia murni, teknik pertambangan dapat mengikuti kegiatan magang di tempat ini.

8. Dinas Pertanian

Magang di dinas pertanian sangat cocok untuk kalian yang berasal dari fakultas pertanian atau SMK jurusan pertanian. Cara magang di dinas pertanian tentunya sangat mudah. Hal ini dapat dimulai dengan mengajukan surat dari lembaga pendidikan dan kemudian diajukan ke dinas tersebut.

Dari daftar tempat magang di Kabupaten Blora yang sudah dibahas, terbukti bahwa Blora bukan cuma memiliki ladang minyak bumi saja. Anda bisa mencoba peruntungan dengan magang di beberapa lokasi yang telah disebutkan. Lakukan kegiatan magang dengan semaksimal mungkin, supaya keterampilan diri semakin meningkat sehingga memperoleh bekal terbaik di dunia kerja nanti.

Belum ada Komentar untuk "8+ Tempat Magang Terbaik di Kabupaten Blora"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel