Pengertian Magang, Tujuan, Dan Manfaatnya

Pengertian Magang, Tujuan, Dan Manfaatnya

Saat ini dunia kerja telah mengalami banyak perubahaan dari waktu ke waktu. Hal tersebut tentunya memiliki tantangan sendiri bagi instansi pendidikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualiatas sumber daya manusia agar dapat bersaing di dunia kerja. 

Berkaitan dengan hal tersebut maka perlulah dilakukan pengenalan kepada siswa maupun mahasiswa tentang dunia kerja. Salah satu pengenalan tersebut adalah dengan program yang bernama magang. Dalam artikel ini kita akan bahas tentang pengertian magang beserta dengan tujuan dan manfaatnya bagi siswa maupun mahasiswa.

Magang

Arti magang adalah kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah yaitu SMK hingga ke perguruan tinggi. Dalam praktiknya, magang memiliki nama lain seperti praktik kerja lapangan (PKL), dan praktik kerja industri (prakerin) Program magang ini dilakukan dengan dasar untuk mempersiapkan seorang lulusan yang memiliki keahlian sesuai dengan jurusan keilmuan yang diambil.

Pengertian Magang

Definisi magang menurut para ahli yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang terkait dengan dunia kerja sesuai dengan jurusannya. Magang berarti suatu proses penerapan ilmu pengetahuan baik itu berupa konsep maupun teori dari bangku sekolah/kuliah ke dunia kerja dengan waktu yang telah ditentukan.

Dasar hukum dari kegiatan magang ini terdapat didalam Undang-undang Nomor 13 tahun 2004 tentang ketenagakerjaan pasal 21-30. Sumber hukum yang lainnya adalah terdapat dalam peraturan Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Per.22/Men/IX/2009 yang menjelaskan tentang program pemagangan secara lebih spesifik didalam negeri

Dalam taraf SMK terdapat program magang yang diwajibkan kepada mahasiswa. Magang bagi anak SMK biasa dikenal dengan nama PKL (Praktik Kerja Lapangan). Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para siswa mengetahui tentang dunia kerja yang sesungguhnya dari jurusan pendidikan yang di ambil.

Tujuan Magang

Berikut ini adalah beberapa tujuan magang menurut para ahli dari dilaksanakannya program magang, yaitu:

1. Meningkatkan Pemahaman Siswa atau Mahasiswa

Pada dunia pendidikan terdapat suatu teori tentang piramida pendidikan. Dalam teori tersebut dijelaskan bahwa tingkat pemahaman seorang siswa akan lebih maksimal adalah ketika dia melakukan atau ikut andil secara langsung terkait dengan ilmu pengetahuan yang telah diperlajari. 

Dengan demikian tujuan dari kegiatan magang ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa atau mahasiswa tentang ilmu yang telah dipelajari. Ketika para siswa atau mahasiswa sudah terjun langsung maka mereka akan lebih lama daya ingatnya terkait dengan hal yang sudah didapatkan.

2. Menyesuaikan Ilmu Pengetahuan Dengan Kegiatan di Lapangan

Sebuah ilmu pengetahuan berupa teori terkadang berbeda dengan apa yang terjadi di lapangan (dunia kerja). Banyak sekalai teori-teori yang tidak relefan dengan keadaan dunia kerja saat ini. Oleh karena itu, salah satu tujuan dari program magang ini untuk menyesuaikan ilmu pengetahuan yang telah didapat dengan dunia nyata.

3. Memperkenalkan Dunia Kerja 

Setiap siswa maupun mahasiswa terkadang masih memiliki kebingunan tentang dunia kerja yang sesuai dengan bidangnya. Hal ini banyak sekali ditemukan orang yang tidak pandai mengerjakan suatu pekerjaan walaupun itu sesungguhnya sesuai dengan jurusan yang di ambil selama di sekolah maupun di bangku kuliah.

Program magang ini dilakukan untuk memperkenalkan kepada siswa maupun mahasiswa tentang dunia kerja agar mereka tidak lagi merasa kebingungan tentang dunia kerja.

4. Membangun Jejaring Profesional

Dengan melakukan magang, ini merupakan kesempatan kalian untuk membangun sebuah jejaring dengan para profesional yang ahli di bidangnya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat ketika kalian hendak mencari kerja atau membuka usaha terkait dengan bidang yang sama ketika melakukan magang.

Manfaat magang

Intership atau magang tentunya memiliki banyak sekali manfaat yang dapat di ambil oleh pesera magang baik dari segi teori maupun pengalaman. Terdapat perbedaan yang sangat besar bagi mereka yang sudah pernah mengikuti program magang atau PKL dengan mereka yang tidak pernah.

Adapun beberapa manfaat dari progam magang atau PKL tersebut yaitu:

1. Membuka wawasan dan memperluas kompetensi

Dunia pendidikan tentunya harus memberikan fasilitas yang cukup untuk demi tumbuh kembangnya seorang peserta didik. Saat ini ilmu pengetahuan terus mengalami perubahan, dan perubahan tersebut tentunya harus dapat diterima oleh para peserta didik.

Dengan adanya program magang ini maka tentnya seorang peserta didik akan banyak sekali bertemu dengan hal-hal baru yang sebelumnya tidak dijumpai saat berada disekolah. Banyak sekali wawasan yang didapatkan oleh para peserta didik peserta didik dari program magang ini.

Selain dari bertambahnya wawasan, para peserta didik juga akan meningkatkan kompetensi yang telah dimiliki. Dengan meningkatkan kompetensi tersebut maka akan meningkatkan kualitas lulusan baik siswa SMK maupun Perguruan tinggi.

2. Memperluas relasi

Relasi adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan saat ini. Dengan magang tentunya relasi akan bertambah. Dari program ini kalian dapat mempererat hubungan dengan seserang secara profesional.

3. Mengembangkan keterampilan

Setiap orang tentunya telah memiliki keterampilan masing-masing. Keterampilan tersebut tentunya harus terus dikembangkan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dari magang ini kalian dapat mengembangkan diri lebih jauh lagi dari apa yang telah didapatkan selama didalam kelas.

4. Memberi nilai lebih

Magang adalah suatu kegiatan yang tentunya dapat menambah nilai jual anda. Dengan kalian telah melakukan magang berarti secara tidak langsung kalian juga sudah memiliki pengalaman bekerja sesuai dengan bidang atau jurusan masing-masing. Yang hal tersebut ketika akan memasuki dunia kerja yang sesungguhnya kalian dapat menambah nilai jual diri anda.

Itulah tadi artikel yang dapat dibagikan kepada kalian semua tentang pengertian, tujuan dan manfaat magang. Semoga saja dapat menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kalian yang akan melaksanakan progam magang atau PKL.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Magang, Tujuan, Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel