7+ Tips Membuat CV Magang Kampus Merdeka

Tips Membuat Curiculum Vitae (CV)

Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang biasa dikenal dengan MBKM adalah sebuah program yang dikeluarkan langsung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Program ini memiliki 8 (delapan) cabang atau bidang, salah satu diantaranya adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Dengan program MBKM ini para mahasiswa dapat melakukan kegiatan magang di tempat-tempat yang telah menjalin kemitraan dengan kementrian.

Magang Kampus Merdeka

Magang Kampus Merdeka adalah salah satu cabang dari program MBKM yang di keluarkan oleh Kemendikbudristek. Karena itu program ini tentunya memiliki banyak sekali peminatnya. Sehingga kalian tentu haru mempersiapkan semuanya dengan matang salah satunya adalah Curiculum Vitae.

Tips Membuat CV Magang Kampus Merdeka

Curiculum Vitae merupakan salah satu hal yang disyaratkan saat mendaftar program Magang Kampus Merdeka. CV adalah sebuah hal yang menggambarkan riwayat hidup anda secara ringkas. Dengan CV dapat dilihat apa saja yang telah dilakukan seseorang mulai dari riwayat pendidikan hingga kegiatan yang pernah diikuti.

Melihat betapa pentingnya CV tersebut maka harus dibuat dengan sebaik mungkin agar menarik para panitia penyelenggara untuk memilih kamu sebagai salah satu orang yang diterima untuk mengikuti progam magang ini.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang perlu kalian perhatikan saat membuat CV, yaitu:

1. Informasi pribadi

Poin pertama yang harus kalian perhatikan adalah menyiapkan informasi secara jelas dan detail tentang informasi diri. Informasi diri ini berisikan tentang data personal anda seperti nama, nomor telpon, alamat email.

2. Summary

Summary adalah sebuah ringkasan kegiatan dan pengalaman yang kamu miliki. Tapi lebih baik kalian isikan saja hal-hal yang tentunya berkaitan dengan bidang magang yang akan kamu pilih. Seperti pengalaman organisasi, magang, atau projek kuliah lainnya.

Setelah menjelaskan pengalaman yang telah kamu lakukan, maka kamu dapat juga mengaitkan dengan softskill atau keterampilan yang kamu miliki hal ini juga tentunya harus berkaitan dengan bidang yang kamu pilih.

3. Pengalaman organisasi, proyek, dan kerja

Saat ini ketika kamu ingin mendaftar magang ataupun hal lainnya pengalaman organisasi tentu akan sangat membantu kamu untuk menambah nilai jual. Karena ketika kamu aktif dalam organisasi akan banyak sekali hal yang dilakukan dan itu juga dapat menjadi pembeda dengan peserta lainnya.

4. Keterampilan

Saat melakukan magang tentunya tidak hanya tentang kepintaran yang dibutuhkan. Softskill serta keahlian lainnya akan sangat dibutuhkan disini. Salah satunya adalah kamu dapat memberikan solusi dari sebuah permasalahan yang muncul ketika mengikuti kegiatan magang.

Dunia kerja yang begitu komplek akan sangat banyak menimbulkan permasalahan yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu jumpai sebelumnya. Oleh karena itu, softskill disini sangat diperlukan sebagai nilai tambah.

5. Background pendidikan

Hal yang dapat dikatakan cukup penting yaitu background pendidikan. Latar belakang pendidikan ini berisikan tentang jurusan yang kamu ambil, IPK, prestasi yang pernah diraih dan hal lainnya yang sifatnya akademisi.

Ini juga dapat menjadi suatu kelebihan bagi kamu jika dapat memaksimalkan hal-hal yang sudah disebutkan diatas.

6. Hobi dan Minat yang Relevan

Meskipun terkadang dianggap opsional, menyertakan bagian tentang hobi dan minat dapat memberikan gambaran lebih tentang kepribadianmu. Pastikan untuk menyertakan kegiatan yang relevan dengan bidang magangmu, seperti keanggotaan dalam klub komputer atau partisipasi dalam proyek sukarela.

7. Prestasi dan Penghargaan

Jika kamu memiliki prestasi atau penghargaan yang relevan, sebutkan di CVmu. Misalnya, jika pernah menjadi juara dalam kompetisi matematika atau memenangkan proyek penelitian, ini bisa menambah nilai di mata calon pemberi kerja.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada kalian semua tentang tips membuat CV magang kampus merdeka. Semoga saja dapat menambah pengetahuan kalian dan bermanfaat sehingga kalian tidak akan bingung ketika akan membuat CV.

Belum ada Komentar untuk "7+ Tips Membuat CV Magang Kampus Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel