5+ Tempat Magang Jurusan Ilmu Pemerintahan Terbaik Bagi Mahasiswa

Tempat Magang Jurusan Ilmu Pemerintahan

Perguruan tinggi merupakan sebuah instansi pendidikan yang memiliki banyak sekali jurusan atau program studi. Adanya jurusan tersebut bermaksut untuk memfokuskan seorang mahasiswa untuk mempelajari suatu ilmu secara menyeluruh.

Salah satu jurusan yang ada di bangku kuliah yaitu ilmu pemerintahan. Ilmu Pemerintahan merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang manajemen atau pengelolaan organisasi publik, diantaranya lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi dalam menjalankan fungsi negara, yang diatur dalam undang-undang.

Magang Jurusan Ilmu Pemerintahan

Magang adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa untuk meningkatkan tingkat pemahaman keilmuannya. Menurut para ahli magang adalah kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat.

Manfaat magang atau PKL (Praktik Kerja Lapangan) salah satunya adalah dapat menguji sebuah teori yang telah dipelajari pada bangku kuliah apakah masih relevan dengan keadaan sekarang. Dengan demikian kalian juga dapat melakukan sebuah penelitian ketika pelaksanaan magang.

Saat ini sudah banyak sekali program-program magang yang dibuat baik dari perusahaan, maupun dari pemerintah. Salah satu program yang dibuat oleh pemerintah adalah magang kampus merdeka atau magang MBKM.

Dengan banyaknya lowongan kerja magang atau praktik kerja industri (prakerin) tentunya mencari tempat magang sudah tidak begitu sulit lagi. Bahkan saat ini sudah banyak program magang dibayar atau mendapat uang saku.

Daftar Tempat Magang Jurusan Ilmu Pemerintahan

Mencari tempat magang jurusan ilmu pemerintahan tentunya tidak begitu sulit. Banyak sekali referensi tempat yang menerima lowongan magang jurusan ilmu pemerintahan. Berikut ini adalah beberapa tempat yang dapat dijadikan tempat magang.

1. DPRD

Dewan Perwakilan Rakyat merupakan sebuah lembaga legislatif dari pemerintah. Pada tingkat daerah bernama DPRD atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Magang disini tentunya kalian akan lebih banyak mempelajari tentang lembaga legislatif secara menyeluruh.

2. BAPPEDA

Tempat magang yang kedua yaitu BAPPEDA. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atau yang biasa disingkat dengan Bappeda merupakan sebuah lembaga teknis daerah dibidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah.

Dalam pelaksanaannya BAPPEDA dipimpin oleh seorang kepala badan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur/Bupati/Wali kota melalui Sekretaris Daerah. Disini kalian akan mempelajari dan mengembangkan tentang manajemen dan pengelolaan organisasi.

3. Sekretariat Daerah

Sekretariat daerah adalah sebuah unsur pembantu pimpinan pemerintah yang berada di tingkatan daerah, yang dipimpin oleh sekretaris daerah. Tugas dari sekretaris daerah untuk membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

4. Kecamatan

Kecamatan adalah sebuah pembagian daerah administrasi dalam sebuah kabupaten. Kecamatan sendiri di pimpin oleh seseorang yang disebut camat. Tugas dari adanya kecamatan sendiri yaitu melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi Daerah di Kecamatan

5. Kelurahan

Tempat magang yang selanjutnya adalah kelurahan. Kelurahan merupakan pembagian daerah yang berada di bawah naungan kecamatan. Untuk tugas dari kelurahan sendiri yaitu menyelenggarakan urusan pemerintahan, pemberdayaan dan pelayanan masyarakat serta ketenteraman dan ketertiban umum serta lingkungan hidup dalam satu wilayah Kelurahan.

Nah, Demikianlah daftar tempat yang dapat dibagikan kepada kalian semua tentang tempat magang jurusan ilmu pemerintahan. Semoga saja dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Belum ada Komentar untuk "5+ Tempat Magang Jurusan Ilmu Pemerintahan Terbaik Bagi Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel