5+ Manfaat Praktik Kerja Industri (Prakerin) Bagi Siswa dan Mahasiswa

Manfaat Praktik Kerja Industri (Prakerin)

Praktik kerja industri atau prakerin adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh para mahasiswa atupun siswa-siswi SMK sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi. Dalam artikel ini akan dibahas tentang manfaat apasaja yang didapat ketika mengikuti prakerin.

Praktik Kerja Industri (Prakerin)

Praktik kerja industi atau biasa disingkat menjadi prakerin merupakan sebuah proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengenalkan dunia kerja bagi para peserta didik. Di era seperti saat ini, prakerin tentunya sangat penting dilakukan sebagai pembelajaran sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Manfaat Praktik Kerja Industri (Prakerin)

Praktek Kerja Industri merupakan sebuah kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Prakerin bagi siswa maupun mahasiswa.

1. Menambah Keterampilan

Keterampilan adalah sesuatu yang didapat tidak begitu mudah. Butuh pembiasaan-pembiasaan dan juga pengalaman. Dalam dunia kerja keterampilan ini tentunya sangat dibutuhkan dan bermanfaat. Ketika seseorang siswa ataupun mahasiswa memiliki banyak keterampilan tentunya akan menambah nilai jual.

2. Membentuk Pola Pikir

Pola pikir atau mindset adalah bagaimana cara berpikir seseorang dalam menghadapi sesuatu. pola pikir ini akan terbentuk jika seseorang telah memiliki banyak sekali pengalaman. Pengalaman ini tentunya akan didapat dengan mengikuti prakerin.

3. Mengenalkan Pekerjaan Lapangan

Pekerjaan lapangan adalah kegiatan yang tidak bisa didapatkan hanya dengan mengikuti pembelajaran di dalam kelas saja. Hal ini bisa didapatkan jika siswa ataupun mahasiswa terjun langsung kelapangan pekerjaan. Hal ini bertujuan agar mereka sudah benar-benar siap untuk terjun langsung ke dunia kerja.

4. Menjalin Kerja Sama

Praktik kerja industri ini tentunya juga memberikan manfaat kepada instansi terkait. Hal ini bisa terjadi karena ketika akan melakukan kegiatan, tentunya dari kedua belah pihak akan melakukan komunikasi. Sehingga hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kerjasama di bidang lainnya.

5. Mempersiapkan SDM Berkualitas

Sumberdaya manusia tentunya harus disiapkan dengan sedini mungkin. SDM yang berkualitas tentunya akan berdampak terhadap peningkatan kinerjanya. Dalam prakerin ini biasanya setiap orang akan mendapatkan pendamping atau mentor selama melaksanakan kegiatan prakerin ini.

Melalui mentor tersebut setiap peserta prakerin akan diasah agar dapat terus bekembang sesuai dengan kebutuhan dari dunia kerja itu sendiri.

Nah itulah tadi manfaat yang akan didapat ketika mengikuti kegiatan prakerin. Semoga setelah mengerahui manfaat praktik kerja industri (prakerin) ini dapat membuka wawasan dan pola pikir kalian sehingga akan segera mengikuti prakerin.

Belum ada Komentar untuk "5+ Manfaat Praktik Kerja Industri (Prakerin) Bagi Siswa dan Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel